Friday, November 14, 2008

go go camelopardalis!




Pada blog kali ini gue mau mendeskripsikan tentang jerapah. berhubung gue suka banget sama jerapah ya. cerita gue suka sama jerapah sebenarnya cukup singkat dan unik. jadi, waktu gue perpisahan kelas 1 SMA, sekitar bulan Juli 2006, gue ada acara jalan-jalan ke Taman Safari. sumpah udah rajanya lama gue ga jalan-jalan kesana. tapi karena gue emang suka binatang ya seneng-seneng aja. gue dan kawan-kawan jalan-jalan mengelilingi yang pake mobil itu lho gue gatau namanya apaan. pokoknya yang bisa liat semua binatang dari singa sampe kuda nil. nah dari semua hewan-hewan yang terpajang dikebun binatang tersebut, gue pribadi menilai si jerapah lah yang paling bersih dan anggun. huhu. gatau kenapa gue langsung kepikiran. terus jadi suka sampe sekarang.

Semenjak hari itu gue jadi ngoleksi barang-barang yang berbau dan beraroma jerapah, dan ternyata rasa cinta gue terhadap jerapah bisa mengalahkan perasaan gue terhadap "sapi" yang sudah sangat melekat terhadap diriku ini. barang-barang sapi gue mulai tergeser keberadaannya dengan koleksi-koleksi terbaru gue. kebanyakan sih dikasih sama orang. gatau kenapa juga. boneka gue ga ada yang pernah beli dari 6 boneka ada 2 yang gue bawa ke Bandung, salah satunya dari tiara. terus gue punya yang kecil-kecilan kaya gantungan kunci, gelas, piring, tempat tissue, tempat buat naro2 perintilan, patung kecil, pensil-pensil, kalung dan sebagainya. lagi berharap ada yang ngasih gue t-shirt sih. (ngarebbb) dan juga, gue jadi nyari-nyari informasih lebih tentang jerapah. ternyata dia itu hewan paling tinggi yang ada di darat. dan terbesar kedua setelah gajah afrika. wow


Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Famili: Giraffidae
Genus: Giraffa
Spesies: G. Camelopardalis


Nama spesiesnya camelopardalis diambil dari nama dalam latin, karena dianggap campuran bastar unta dan macan tutul. nama jerapah juga merupakan adaptasi dari bahasa Arab, yaitu zirafah. jerapah yang jantan tingginya bisa mencapai 4-5 meter, kalo yang betina paling lebih pendek dikit. anak jerapah itu kuat banget, karena pas dia dilahirin, dia langsung jatoh ke tanah, yang jaraknya bisa sampe 1,5 meter, soalnya ibunya ga bisa jongkok, dan si anak bisa langsung berdiri dengan anggunnya. dan menurut gue itu keren banget. ahaha. jantung jerapah disebut-sebut sebagai jantung yang paling kuat,karena sekitar dua kali lipat dari tekanan darah normal diperlukan untuk memompa darah melalui lehernya yang panjang hingga ke otak. jerapah tuh merupakan salah satu bentuk evolusi dari apatosaurus yang lebih dikenal dengan brontosaurus, bisa dilihat dari kesamaan panjangnya leher jerapah dan brontosaurus kan? cuma namanya juga dinosaurus, tinggi bronto bisa mencapai 26an meter. tinggi gila woi.
Dan karena kepanjangan lehernya, jerapah butuh kekuatan yang besar untuk menyokong lehernya waktu dia bergerak. dia punya tujuh tulang leher, bayangin aja kalo dia ga punya. pada saat dia bergerak hampir seluruh tulang leher dia yang beratnya 500 pon, itu tegang untuk menyokong kepalanya.
Selebihnya gue belum tau terlalu banyak sih emang, tapi yang pasti menurut gue jerapah itu yang paling bagus diantara yang lain. juga kayanya dia mamalia yang cukup baik diantara sesama mamalia yang lain. hehe. GO GIRAFFE!

No comments: